Senin, 02 Agustus 2010

Makanya! Jangan kek Johan!

Johan (bukan nama sebenarnya), adalah rekan kerja King Hades. Seorang pria paruh baya. Saya tak begitu mengerti posisinya di perusahaan tempat dia bekerja. Tapi berdasarkan penuturan King Hades, posisi Johan adalah posisi yang "biasa diisi oleh anak-anak muda".

Johan adalah seorang pekerja keras. Salah satu team member favorit sahabat saya. Yang membuat namanya muncul dalam percakapan kami adalah percakapan antara, sebut saja, SU dan BD. Mereka adalah rekan kerja King Hades yang bisa dibilang tergolong muda. Berikut percakapan mereka:

BD: SU, lu kenapa ga kerja mati-matian? Posisi udah bagus. Sayang kan?

SU: Tar dong. Gw kan masih muda. Nanti kalo udah 30, baru gw serius. Jangan kek Johan. Itu orang mah udah fucked up.

BD: Wah! SU, lu mah sadis bener!

SU: Yaa... lu liat aje... umur udah segitu... otot pas-pasan. Otak juga pas-pasan. Kalo otaknya pinter mah sekarang udah ga kerja pake otot kale.

Sepenggal percakapan di atas membuat saya merenungkan kehidupan saya sendiri. Kalau seandainya saya bukan putra seorang pengusaha, tidak sulit rasanya membayangkan saya akan bernasib seperti Johan. Sampai usia senja masih harus kerja dengan otot. Harus bersaing dengan anak-anak muda yang masih lebih kuat. Untung saja orang tua saya berbaik hati memberikan posisi pimpinan di perusahaan mereka.

"Makanya! Jangan kek Johan!"

King Hades tak menjelaskan latar belakang Johan. Apakah dia sudah berkeluarga atau belum, apakah ada investasi untuk menyokong hidupnya? Informasi tersebut tidak diketahui. Yang jelas, sosok Johan selalu muncul dalam pikiran saya pada saat menjelang tidur. "Apakah saya akan bernasib seperti Johan?" begitu kira-kira yang muncul dalam pikiran saya. Kehidupan tak pernah memberi ampun. Kita yang tidak terbiasa keras pada diri sendiri akan hancur. Memang, seperti yang King Hades sering katakan, "Kerja keras selamanya tak bisa mengalahkan keberuntungan." Yang jadi masalah, keberuntungan datangnya tak bisa diduga. Tak bisa diusahakan. Sampai kapankah saya akan beruntung? Kalau tiba-tiba saja saya harus menjalani hidup seperti King Hades, saya tak yakin saya akan mampu. Kalau beliau adalah serigala, saya adalah poodle. Anjing yang harus senantiasa dirawat. Dilepas ke dunia nyata, habislah.

Kisah mengenai Johan adalah kisah yang menginspirasi. Ada banyak Johan-Johan yang lain. Saya yakin Anda pasti juga mengenal sosok-sosok seperti Johan. Sosok yang rajin. Pekerja keras. Namun mungkin karena kurangnya keberuntungan atau ambisi, akhirnya masih terseok-seok di usia senja. Apapun pekerjaan Anda. Berapapun usia Anda. Berjuanglah! Ingatlah kata-kata King Hades "Makanya! Jangan kek Johan!"

0 komentar:

Posting Komentar