Selasa, 18 Agustus 2009

Yang Kaya Bertambah Kaya

Suatu malam King Hades menelpon saya. Menanyakan apakah saya available untuk dibooking keesokan harinya (istilah King Hades memang rada-rada). Saya mengatakan bahwa saya akan menghadiri sebuah seminar saham sampai sore. Dan sebelumnya saya juga berniat menghadiri sebuah job interview. Mendengar kata 'saham', King Hades langsung bersemangat. "Boleh saya ikut pak?" tanya beliau. "Boleh saja Pak. Tapi Anda yakin mau ikut? Ini kan seminar yang sangat basic Pak. Saya yakin Anda sudah tau semua. Bisa-bisa Anda bosan nanti," jawab saya. "Tidak masalah. Saya justru bisa belajar bagaimana cara mengajarkan hal-hal basic kepada pemula," ujar King Hades.

Keesokan harinya kami bertemu sesuai waktu yang dijanjikan. Dia berbaik hati mau mengantarkan saya ke tempat interview sebelum kami ke seminar saham. Saat bertemu, kami terkejut melihat penampilan masing-masing. Saya terkejut melihat King Hades yang berpenampilan rapi. Sementara beliau terkejut melihat saya yang berpenampilan apa adanya.

"Lho? Pak? Katanya Anda mau interview?" tanya King Hades keheranan. "Iya Pak. Memang," jawab saya. "Kenapa penampilan Anda tidak seperti orang yang mau pergi interview Pak?" Memang. Saya waktu itu mengenakan celana jeans dan sandal. Justru King Hadeslah yang lebih pantas untuk menghadiri interview tersebut. Singkat cerita, saya memberitahu dia bahwa ini adalah walk-in interview. Setengah bergurau, King Hades berkata "Kalau gitu saya bisa ikut dong Pak? Pakaian saya kan sudah cocok?". "Ya Pak. Ikut saja. Tak ada ruginya," tantang saya.

Setibanya di sana, kami segera mendaftar. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya kami dipanggil. Saya masuk terlebih dulu. Disusul King Hades. Kami termasuk peserta terakhir. "Gimana Pak?" tanya King Hades, melihat saya keluar dari ruang interview. "Tak tahulah Pak," jawab saya pasrah. Saya tidak yakin akan keterima. Kalaupun berhasil, saya tidak merasa bisa melakukan pekerjaan yang ditawarkan dengan baik. Sekarang giliran sahabat saya yang masuk.

Interview dilakukan dengan bahasa Inggris oleh seorang wanita bule setengah baya. King Hades yang memang tak berniat kerja itu menjawab setiap pertanyaan sekenanya. Bahkan cenderung tidak serius dan bercanda. Siapa sangka? Jawaban-jawabannya yang asal-asalan itu membuat sang ibu terkesan. Beliau langsung memberikan kartu namanya, lengkap dengan alamat dan waktu tempat akan dilangsungkannya training. Sementara kepada saya sang ibu hanya bilang "Nanti akan kami kabari lagi". Dan benar saja. Saya tak pernah dihubungi lagi, sementara King Hades, yang notabene hanya iseng-iseng ikut, malah langsung dipanggil training.

King Hades malah pusing. Bagaimana tidak? Beliau sudah memiliki pekerjaan lain. Sekarang memang sedang cuti. Tapi kan tak mungkin dia tinggalkan pekerjaannya begitu saja. Akhirnya sahabat saya ini memutuskan untuk ikut training. Nanti para peserta training itu akan diseleksi lagi berdasarkan kemampuan berbicara dan presentasi mereka. Tanpa perlu ditanyakan lagi, King Hades melalui training 2 hari itu dengan gemilang. "Congratulation!" seru sang ibu bule seraya menjabat tangan King Hades. King Hades yang senang sekaligus kalang kabut berusaha tetap tersenyum. Sekarang yang ada dalam pikirannya adalah bagaimana memberitahu atasannya kalau dia tidak berniat menekuni karir di bidang itu.

Bagaikan sudah jatuh tertimpa tangga, King Hades justru menunjukkan kinerja yang lumayan gemilang untuk orang yang baru masuk. Sang atasan langsung memanggilnya untuk bicara one-on-one dan menjelaskan jenjang karir di perusahaan itu lebih jelas. King Hades tambah pusing. Akhirnya, menjelang cutinya habis, King Hades mengundurkan diri. Namun yang didapatnya dari interview asal-asalan itu bukan hanya pengalaman menarik ini. Dia juga mendapatkan beberapa orang teman, dan yang satu adalah seorang wanita yang kini memiliki tempat tersendiri di hatinya.

Bayangkan. Orang-orang yang memerlukan pekerjaan, justru tidak mendapat. Yang tidak perlu, justru dapat. King Hades sendiri menyesalkan mengapa seorang bapak yang tampaknya desperate justru tidak lolos seleksi. Tapi hidup memang seperti itu. Apabila Anda membutuhkan, maka akan sulit bagi Anda untuk memperolehnya. Bila Anda tidak membutuhkannya, justru Anda akan pusing karena banyak yang menawarkan hal tersebut kepada Anda. Pengalaman King Hades membuktikan hal itu. Karena pengalamannya bekerja di sebuah perusahaan asing, bahasa Inggrisnya cukup baik. Training dan buku-buku yang dibelinya membuatnya bisa berkomunikasi dengan baik. Jadi tidak adil memang. Saingan-saingan beliau bukanlah orang-orang dengan background seperti King Hades (kecuali untuk beberapa orang).

King Hades juga pernah menceritakan kepada saya mengenai sebuah bank yang dengan gencar menawarkan pinjaman kepadanya. Melihat saham-saham blue chip yang dimiliki King Hades, salah seorang officer dari bank tersebut menelponnya. Menawarkan untuk mengirimkan aplikasi yang sudah terisi. Tinggal ditandatangani. Tidak tanggung-tanggung, amplop kilat khusus untuk memposkan aplikasi yang sudah lengkap itu juga disertakan. Mungkin lagi ngejar omset ya? Kontras dengan pengalaman sahabat saya, ada juga orang yang sudah berusaha mencari pinjaman kesana kemari namun tak kunjung mendapatkan. Dan biasanya, orang seperti ini justru orang yang memang memerlukan pinjaman sekedar untuk bertahan hidup.

"Hidup ini ibarat roket pak. Setau saya, sebuah roket yang akan pergi ke bulan akan menghabiskan 90% dari bahan bakarnya hanya untuk menembus atmosfir bumi. Setelah itu, dia akan dengan mudah menuju ke bulan karena dibantu oleh gravitasi bulan," ujar King Hades suatu ketika. Seorang motivator terkenal mengatakan bahwa waktu dia miskin, tak ada yang mau membelikannya makanan. Setelah dia kaya raya, bisa beli makanan sendiri, malah orang-orang berebut untuk mentraktirnya. Itulah hidup. Banyak orang yang berusaha untuk mengubah sistem ini. Namun, usaha seperti ini akan menemui jalan buntu. Selama manusia masih memiliki self interest, maka mereka akan terus mencari hal-hal yang menguntungkan buat mereka. Yang berarti orang-orang mampu (baik secara skill maupun materi) akan menerima semakin banyak. Dan orang-orang yang tidak mampu akan kesulitan bahkan untuk mendapat sedikit.

Daripada kita menyalahkan nasib atau berusaha mengubah cara berpikir manusia, lebih baik kita kembangkan diri kita sendiri. Dengan demikian, kita justru akan diuntungkan oleh sistem yang ada. Sistem "yang kaya bertambah kaya".

Oh ya. Bagaimana dengan seminar sahamnya? Seperti yang saya duga, tidak sampai 15 menit, King Hades memilih untuk berjalan-jalan di pusat perbelanjaan dekat tempat dilangsungkannya seminar itu. Saya pun tak lama kemudian menyusulnya.

ps: Sistem "yang kaya bertambah kaya" tidaklah sesederhana yang sering dipikirkan banyak orang. King Hades sendiri sering mencibir tatkala mendengar orang-orang mengatakan kalimat tersebut seolah itu adalah sebuah axiom.

3 komentar:

  1. Nama saya Musa Ahmed dari Surabaya Indonesia Saya adalah sebahagian dari keluarga kelas menengah dan belum pernah melihat kemiskinan yang nyata selama masa ayah saya adalah seorang penjual motor bahagian saya diberi pendidikan yang baik orang tua saya akan membawa saya ke satu ketika saya mencetak nilai yang baik Lalu aku masuk college perkahwinan kakakku dirancang, ayah membeli sebuah apartmen dan perlu membayar kos saya untuk kejuruteraan suatu petang saya masih di sekolah ketika saya mempunyai panggilan bahawa perniagaan ayahku terbakar semuanya mendapat dibakar lebih 480 rupiah pergi ibu scammed tahun sebelumnya semua peristiwa yang berlaku secara berturut-turut dan kami tiba-tiba dalam hutang dan mendapatkan diri kita dirantai pinjaman bank dan merayap kemiskinan di itu di terburu-buru yang tiba-tiba, aku merasa melompat dari Joeniar Arief tanpa persiapan dan sekarang anda perlu belajar untuk terbang anda jatuh Atau kau mati ada ini rentang masa 2 tahun (2014-2015) saya harus memerangi kemiskinan pada saya sendiri ada wang untuk membayar biaya kuliah saya diberitahu oleh ayah saya untuk mencari cara untuk mendapatkan perkara itu untuk sendiri ada wang untuk membayar berjalan pengangkutan sehari-hari, ada wang untuk hiburan, filem atau pihak ada kain yang baik tidak ada goo makanan ada wang untuk apa pun kecuali makanan asas terburuk, menetapkan semua menggoda bank Mereka menghantar penjaga ke rumah saya untuk memulihkan jumlah pinjaman dan aku harus menjaga ibu saya pernah dipukul di persekitaran saya di depan semua orang kerana tidak mampu membayar jumlah pinjaman untuk beberapa bulan bank tuntutan rumah kami dan meninggalkan kami tiada tempat tinggal kami meninggalkan meninggalkan di rumah tua keluarga membina oleh almarhum ayah gran saya perlu menjual perabot, emas, saya berkata kepada ayah saya yang tidak layak mengejar pendidikan saya, memandangkan keadaan krisis aku harus mengambil kerja dan mengumpul wang untuk keluarga ayah saya mengatakan Son, anda boleh membuat wang setiap kali anda inginkan, tetapi anda tidak akan dapat belajar kemudian saya memberikan temu bual di kedai super saya ditolak setiap pintu saya mengetuk, saya ditolak saya melihat ayah saya menyerah aku melihat ibuku menyerah acara-acara keluarga. yang saya perlukan untuk memulakan perniagaan kelapa sawit tetapi tidak ada wang Pacar saya meninggalkan saya ketika saya memerlukannya paling, itu di 6 April 2016 saya pergi ke rumah kawan untuk makan kerana saya sedang menonton tv saya melihat kertas berita di tingkat i mengambilnya dan saya cuba untuk melihat gambar-gambar aku ke segmen perniagaan dan melihat tajuk tittle Adakah anda memerlukan KREDIT nyata untuk bISNIS, adakah anda di DEPT? Adakah anda sakit? Adakah anda bosan dengan kemiskinan yang HUBUNGI adila aasimah Ahme syarikat pinjaman NO CAJ dengan alamat e-mel mereka (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) saya menulis mereka dengan jaminan mereka memberikan saya pinjaman dari Rp410 pada tahap 1% dalam 10 tahun saya berjanji syarikat pinjaman saya akan terus berkongsi dan berterima kasih kepada mereka atas sokongan dan mengubah hidup saya jika anda ingin meminta quest apapun (musaahmed081@gmail.com)

    BalasHapus
  2. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

    BalasHapus
  3. Dewan direksi WhatsApp .. + 14692402347
    Email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    Twitter; aasimhaloanfirm

    BERITA BREAK! BERITA BREAKING !! BERITA BREAKING. perusahaan pinjaman cepat dan nyata asli online terbaik telah datang dengan paket pinjaman yang lebih besar untuk semua klien tahun ini 2019. Terapkan untuk pinjaman Anda sekarang
    adakah anda memerlukan pinjaman, melakukan memerlukan pinjaman segera, adakah anda memerlukan pinjaman cepat, adakah anda memerlukan pinjaman peribadi, adakah anda memerlukan pinjaman yang besar, adakah anda memerlukan pinjaman perniagaan, Adakah anda memerlukan pinjaman untuk pelaburan terlebih dahulu, adakah anda memerlukan pinjaman jangka panjang, adakah anda memerlukan pinjaman jangka pendek, adakah anda mendapatkan pinjaman tidak bercagar, membayar pinjaman hari yang anda perlukan, adakah anda memerlukan hari yang buruk pinjaman, keseluruhan pinjaman ibu negeri yang saya perlukan, adakah anda mahu pinjaman kereta, adakah anda mahu Morgage pinjaman, adakah anda mahu pinjaman bercagar, adakah anda mahu pinjaman rumah, Kemudian firma pinjaman yang membawa kembali kita pakej yang serendah 1%, pinjaman tanpa faedah, anda bebas untuk mendapatkan anda pinjaman cepat, untuk merealisasikan matlamat anda pada tahun baru ini, semoga allah memberkati anda, inshaillah

    BalasHapus